Breaking News
Join This Site
Geger! Manusia Robot dari Bali

Geger! Manusia Robot dari Bali

Baca Juga

IRONMAN BALI , TAWAN



Tawan alias I Wayan Sumardana adalah seorang pria asal Karangasem yg belakangan ini mendadak terkenal akibat Tangan Robotic yang ia buat.
Nah kenapa ya dia bisa sejenius itu dan Gimana asal mula terbentuknya tangan itu ?

Karena kebetulan penulis berada di kabupaten karangasem yakni daerah tempat Bli Tawan ini ,tapi anehnya d kabupatennya sendiri jarang orang yg tau Tawan kecuali yg suka browsing / suka mantau media massa.
Bapak Tiga anak ini adalah seorang Tukang Las di Banjar Tauman tepi jalan Candidasa – Tenganan Pageringsingan yg divonis dokter akibat Stroke ringan di lengan kirinya.
Semua berawal pada suatu pagi ,Tawan terbangun dari tidurnya namun segera berteriak-teriak memanggil istrinya (Sudiartini.29) sambil bertanya dimana tangannya.Sontak istri tawan kaget dan melihat sang suami tidak dapat menggerakkan tangannya lagi.
Sejak saat itu hidup tawan sudah pasrah ,berbagai pengobatan ia telah lakukan mulai dari Tradisional hingga Obat-obatan, namun karena kendala ekonomi yg miskin Tawan cuma bisa gigit jari dan tak mengoprasi tangannya. 

Tapi sekarang dia dapat bangkit dari keterpurukannya !
Dengan support dari Istri dan anaknya tawan berhasil menciptakan sebuah lengan robot dengan teknologi EEG dan uniknya lagi Lengan Robot ini dibuat dengan bahan rongsokan.
“Saya buat alat ini selama dua bulan. Saya buat sejak dua minggu begitu saya dinyatakan lumpuh. Setidaknya dengan ini bisa jadi bekal hidup saya menyekolahkan tiga anak laki-laki saya,” harapnya.
Benar-benar semua terbuat dari rongsokan ,mulai dari Bahan Komputer,Onderdil motor ,Dinamo,Gear dan sebuah Slop yg menutupi tangannya,Alat ini saya ciptakan untuk aktivitas saya. Ada sebagian yang saya buat dan sebagian saya beli. Dan saya rangkai sendiri,ucapnya.Berbekal barang-barang tersebut ditambah pengalamannya di lulusan STM Rekayasa dan juga sebuah situs yg memberikan Informasi merancang alat sejenis robot untuk Lengan maka terbentuklah Lengan Robotic Buatannya tersebut.

Lengan itu walau terbuat dengan bahan rongsokan tapi ada satu komponen yg membuat lengan itu berjalan sesuai perintah otak,yaitu sensor EEG yang ia beli secara online dari AS .
Alat ini berfungsi sebagai sensor otak yg dipasang di kepala dan punggungnya untuk memberikan perintah melalui gelombang/sensor ke lengan kirinya .Untuk memuluskan gerak alat tersebut, Tawan memasang satu unit CPU komputer pun dipasang di bagian belakang tubuhnya. Fungsinya sebagai penggerak dari sensor di kepala. Tuning potensio merupakan rangkaian pengolah input dan output mikro kontroler. “Infra merah, sensor ultrasonik, dan sensor jumlah putaran dinamo ini adalah rangkaian penguat power. Ada pula EEG. Semuanya tersambung ke dinamo agar dapat bekerja secara maksimal,” jelasnya.

Untuk kinerja lengan robot tawan sudah ia buktikan di kehidupan sehari-harinya ,bahkan ia dapat mengangkat benda sampai 10kg lebih dengan tangan kirinya sementara tangan kanannya benar-benar tidak kuat mengangkat benda seberat itu.
tawan sedang mengistirahatkan lengan robotnya




Kesimpulan

Anda dapat percaya atau tidak ,boleh berpendapat /mengkritik,boleh heran dengan yg tawan capai.
Tapi apapun itu,kita sebagai Manusia yg lahir di Negara Indonesia harus menghargai sekecil apapun karya anak bangsa.Untuk Anda yg mencaci atau membully tawan di media online ,hargai dulu bli tawan yg bekerja keras menghidupi istri dan ketiga anaknya walau dengan lengan yg lumpuh hingga berhasil membuat sesuatu yg membuat kalian heran.

"Mati to aluh,yen idup meselselan jeg sengsara,ne paling luung BERJUANG "
"Mati itu mudah,jika hidup mengeluh pasti sengsara,jalan terbaik adalah BERJUANG "






tag: 

Tawan,manusia robot karangasem bali

Ironman Bali , Tawan si Ironman Bali , Fakta unik Ironman Bali , Latar belakang Tawan Si Ironman Bali

Silahkan Berkomentar dengan Sopan !

Emoticon