Breaking News
Join This Site
Penting ! Kenali Ciri Orang yang akan Meninggal Mendadak Menurut Hindu

Penting ! Kenali Ciri Orang yang akan Meninggal Mendadak Menurut Hindu

Baca Juga

ritual ngaben ciri khas hindu


LATARBELAKANG

Kita semua tau ,kuburan adalah Rumah terakhir kita.Tapi kita semua tidak tau kapan nafas kita akan berhenti ,besok ? 40 tahun lagi ? atau 100 tahun lagi ? cuma tuhan yang tau ,kita hidup sesuai karma kita di kehidupan sebelumnya . 
Jika anda tersinggung dengan perkataan saya tadi ,coba renungkan maukah anda hidup dengan umur yang lama tapi dengan tubuh tua renta dan menahan sakit. Seperti Anak Guru Drona ,Aswatama yang dikutuk oleh krisna agar hidupnya abadi tapi tubuhnya penuh lubang dan bau busuk .
Jadi Hidup lama tidak menjamin kebahagiaan ,tapi hidup pendek juga menyakitkan dan sulit untuk dilepas.Tapi sekali lagi yang menentukan umurmu adalah perbuatanmu dan kehendak tuhan , jika tuhan sudah berkehendak Gunungpun bisa terbalik.

Berumur pendek jika kita khususkan lagi bahasa kasarnya yaitu Mati Mendadak ataupun Memiliki penyakit akut yang merenggut nyawa seseorang.
Seperti pengalaman penulis yang kehilangan ayah 3 tahun lalu akibat kecelakaan,atau masih banyak lagi contoh kematian yang tak terduga yang tak mungkin kita harapkan.
Terkadang orang yang kita lihat sangat sehat kemarin bisa terlihat terbujur kaku besoknya,atau mungkin Orang yang suduah difonis hidupnya tinggal 3 bulan bisa bertahan sampai bertahun-tahun .
Disini kita bisa lihat medis juga tidak jadi tolak ukur penentu umur seseorang.

Di Bali menurut pengalaman dan informasi yang saya kumpulkan saat saya berada di keterpurukan atas meninggalnya almarhum ayah saya , Ada beberapa pendapat tentang kematian yang dilontarkan untuk menenangkan hati saya saat itu :
  •    "Nak Nasib jak jalan hidupne amonto,mule sing dadi kelidin " Memang nasib dan umur hidupnya hanya segitu , memang musibah yang tidak bisa dihindari
  •    "Nak sujatine onden mati amen otonin atau tebus ben banten " Sebenarnya masih hidup jika        kita sebelumnya memberikan upacara dan sesajen tertentu 
Nah dua pendapat yang sering orang lontarkan itu yang cukup kontroversional menurut saya dan membuat seseorang sulit move on.Jika Memang nasibnya hanya sebatas itu dan sudah di garis tuhan ,tapi kenapa pemangku adat atau prajapati bilang jika ada atma (jiwa) yang mondar mandir di prajapati padahal dia sebenarnya masih hidup adalah pertanda kematian dan harus ditebus dengan rangkaian upacara adat hindu? dan sedaan/orang pintar yang bisa berkoneksi dengan bhatara/tapakan/jiwa mengatakan orang yang meninggal mendadak sebenarnya dapat dicegah .Berarti kematian itu bisa dicegah dong?cuma kita tidak memiliki alat pemutar waktu .Mungkin anda makin bingung membaca kata-kata diatas tapi tidak usah dipikirkan dulu,sebaiknya kita lanjut dengan kisah nyata pengalaman saya.




PENGALAMAN

Sebelumnya saya tidak curhat atau bermaksud apa-apa cuma berbagi informasi dan ilmu yg saya dapat di beberapa tahun terakhir.

Dipagi yang cerah dan senyum saya juga sangat cerah dipagi itu untuk pergi bersekolah (saat itu saya masih SMP kelas 3 yang akan UN ).Teman saya akhirnya sampai dirumah saya , terlihat dia berbincang bincang dengan ayah saya kalau tidak salah membicarakan tentang Tour yang akan dilaksanakan sekolah kami .Saya akhirnya berangkat kesekolah dan pulang sekolah seperti biasa,tapi sungguh tak biasa ayah saya menyambut saya dengan wajah senang dan senyum yg berbinar-binar seperti melihat saya lolos dari kecelakaan saja.Perlu diketahui ,sifat ayah saya  cuek ,keras,galak,tapi penuh kasih sayang dan perhatian.

Dihari selanjutnya keanehan demi keanehan makin menjadi, ayah saya terlihat sedikit menjadi pelamun yg dulunya suka main HP atau ngobrol.Saat siang hari ,ibu saya sempat menjatuhkan motornya di depan rumah ,tapi ayah saya hanya tersenyum tanpa kata dan membangunkan ibu saya dan motornya .Biasanya ayah saya kalau ibu saya melakukan kesalahan apalagi menjatuhkan motor ,pasti marah besar atau kasar seperti biasa,entah kenapa sikapnya tidak seperti biasa.Dan singkat cerita ayah saya berjanji akan kumpul dan metuakan (minum-minum) bersama kerabatnya di rumah ,tapi dia harus ke buleleng untuk sebuah proyek bangunan ,karena kebetulan ia adalah kontraktor.
Biasanya ia pergi dengan bosnya naik mobil tapi dengan sikap anehnya ia memilih pergi sendiri menggunakan Sepeda Motor dan anehnya Nenek saya yang biasanya cerewet untuk melarang ayah saya untuk pergi jauh dengan tanpa disadarinya agak cuek dan memberinya pergi.


melamun memperpendek umur


Diperjalanan pulang,ayah saya bertabrakan layaknya adu jangkrik dengan mobil pick up biru yang dikendarai remaja tanpa sim yang baru belajar.Untuk kronologi saya tidak ceritakan .

Mendengar berita itu sempat sekeluarga tidak percaya tapi setelah diyakinkan polisi dan beberapa rekan saya telah melihat jazadnya langsung barulah kami berduka.

Singkat cerita keluarga kami telah melaksanakan upacara pengabenan dan ada seorang pemangku prajapati menceritakan bahwa almarhum 3 hari sebelum meninggal sempat mondar mandir di prajapati dan pemangku itu sempat bingung ,siapa yang akan meninggal nanti.

Saat sebelum meninggal adalah beberapa hari sebelum pengerupukan,dan beberapa orang yang sedang membuat ogoh-ogoh mengatakan : saat beberapa hari kematian almarhum ,beberapa anjing sempat melolong menangis sedih menghadap kearah rumah saya.entah anjing siapa itu yang jelas saya tidak memelihara anjing seperti itu.

Setelah beberapa minggu diaben ,layaknya orang hindu lainnya,kami memutuskan untuk meluasang (meminta bantuan orang pintar untuk bisa berkomunikasi dengan jiwa orang yg telah meninggal yang belum diupacarai ngeroras) .Orang tua mengatakan, hanya meluasang yg ketiga yg paling mendekati benar.
Dipeluasan pertama : Singkatnya mengatakan jika almarhum jarang dibuatkan upacara Ngotonin dan tidak dekat dengan tuhan,dan saya lupa selanjutnya apa.yang jelas sang sedaan yang kerangsukan menangis percis ayah saya dengan ingus dan liur yang keluar.
Dipeluasan kedua : Almarhum di lokasi proyeknya yg asing itu tidak memberikan canang/sesajen sehingga saat pulang dicegat oleh kalau tidak salah 4-5 orang bertubuh besar hitam hampir menyerupai bayangan ,saat almarhum sedang mengendarai motornya yg melaju kira-kira 60-80km/h bayangan-bayangan ini mengusik dan memegangi tubuhnya hingga ia tanpa sadar telah tiada ,ia melihat banyak orang disekitarnya dan banyak mobil tapi ia sama sekali tak merasa sudah meninggal,yang ia rasakan adalah keringanan dan ia mengatakan "atmane jeg meplecetan" saat terbentur dan meninggal jiwanya entah kemana terpental.


Kembali kita flashback lagi.
Saat upacara pengabenan di bali tak asing dengan medelokan dan ngabaang baas(menjenguk dan memberi beras) disini terlihat wanita muda (sudah kawin) membawa beras ke kediaman saya,saya yang kebetulan yang bertugas mencatat sempat melihatnya sangat sehat dan masih seperi wanit umur 30tahunan .Tapi anda tau yg terjadi ? yang medelokan kerumah saya meninggal mendadak juga beberapa hari kemudian ,penyakitnya saya lupa yang jelas ia meninggal saat sedang mencuci dikamar mandi tanpa komplikasi apa-apa sebelumnya.

Dan beberapa hari yang lalu ada wanita muda yg belum lama menikah juga meninggal kecelakaan,tapi ini lebih ke kena serangan mistis yang dilakukan sekelompok orang karena sesuatu dan lain hal.Hampir sama seperti ayah saya , dia di cegat makhluk hitam-hitam tinggi besar dan meninggal ditempat saat kecelakaan.Sebelumnya Ibu saya sempat melihat dia mengetik sesuatu di laptopnya di suatu kawasan di denpasar  tapi dengan tatapan kosong dan tanpa sapa menerima uang dan beras yg diberikan ibu saya .


  Lumayan banyak cerita sejenis yang saya sudah temui dan dengar di sekeliling saya ,karena semenjak 3 tahun lalu saya lebih mendalami tentang hal-hal gaib seperti itu namun tidak prakteknya ,sekedar ingin tau.
Boleh percaya boleh tidak tapi cerita diatas murni pengalaman saya semua ,jadi kita bisa simpulkan sedikit tentang ciri kematian .

KESIMPULAN

  1. Anjing Melolong dan Menangis sedih (bukan menggong-gong)
  2. Sikap menjadi berubah tidak seperti biasa
  3. Menjadi Pelamun ,pandangan kosong sering menatap keatas 
  4. Atmanya terlihat ke Prajapati padahal badan kasarnya sedang tidur dirumah,biasanya dilihat oleh pemangku Prajapati
  5. Memimpikan aneh-aneh ,punya firasat buruk tapi entah kenapa enggan untun menceritakan
  6. Terkadang melihat sesuatu menjadi warna hitam
  7. Ayam ramai berkokok jam 9 malam 
  8. Jarang otonan ,mabyakala atau sangat jarang sembahyang
  9. Sering mengulang kata " ingin pulang,ingin kembali,mau balik "
  10. Bicaranya tidak nyambung
  11. Linglung 
Perlu diingat lagi,bahwa kematian tak ada yang tahu tapi tanda suatu kematian / firasat itu sedikit tidaknya pasti ada jika anda sudah sangat dekat dengan orang itu.Sama seperti mimpi yang mampu merefleksikan dan menggambarkan sedikit masa depan ,seperti itulah tanda suatu kematian.

Tapi balik lagi dengan prinsip diatas,semua tuhan yang menentukan.
Jangan sampai karena ciri-ciri yg saya sebutkan diatas anda menjadi sangat parno dan terlalu takut akan kematian itu sendiri.Karena walau kebanyakan telah terbukti tapi tidak selalu juga kan ciri diatas benar.
Saya sama sekali tidak memaksa anda percaya dengan artikel saya,tapi setidaknya saya mengingatkan anda : Yakinkah anda masih hidup besok?yakinkah bisa hidup sehat sampai 20 tahun kedepan?yakinkah keluarga anda dilindungi oleh tuhan? jika anda yakin mulailah dekatkan diri anda sendiri dengan tuhan kita Ida Sang Hyang Widhi Wasa ,kasihi orang terdekat anda dan syukuri apa yang anda miliki . Manusia baru akan merasa kehilangan saat ditinggal pergi.
Kita sebagai umat hindu lahir menjalani Karma hidup sebelumnya,sebaiknya selama anda masih bernafas lakukan dharma sebanyak banyaknya, karena setengah abad itu singkat kawanku....

Jika ada salah kata atau yg menyinggung saya selaku penulis meminta maaf sebesar-besarnya ,karena jauh dari yg kami maksud.Akhir kata Om Shanti,shanti,shanti,Om...





if you want copy paste ,please put our address too !


tag: Ciri-ciri orang meninggal mendadak menurut hindu , ciri-ciri orang meninggal , orang yang akan meningal , cerita pengalaman meninggal mendadak , ini ciri orang yang akan meninggal.








Silahkan Berkomentar dengan Sopan !

Emoticon