Breaking News
Join This Site
Di Desa Ini Ada Festival Ciuman Massal Lho !

Di Desa Ini Ada Festival Ciuman Massal Lho !

Baca Juga


Tradisi ciuman massal atau lebih di kenal dengan nama Omed-omedan, di langsungkan sehari setelah perayaan Nyepi oleh warga Banjar Kaja Desa Sesetan, Denpasar. “Omed-omedan” berasal dari kata “Omed” yang berarti menarik.
Tradisi Omed-Omedan @Balinatha.com

Pada Masa Lalu Pernah di Coba untuk tidak melakukan tradisi tersebut tetapi hal yang di dapat malah dua ekor babi hutan masuk kedesa tersebut dan bertarung, Masyarakat menganggap hal tersebut merupakan pertanda buruk sehingga Sesepuh desa pun menyarankan agar tradisi tersebut di lanjutkan kembali. 

Dalam tradisi ini, para muda-mudi setempat dikelompokkan menjadi dua grup, yaitu grup pria (teruna) dan grup wanita (teruni). Sebelum ritual dimulai, seluruh peserta mengikuti upacara persembahyangan bersama di Pura Banjar. Melalui persembahyangan bersama ini, para peserta memohon kebersihan hati dan kelancaran dalam pelaksanaan ritual omed-omedan. Setelah ritual sembahyang, ditampilkan pertunjukan tari barong bangkung (barong babi) yang dimaksudkan untuk mengingat kembali peristiwa beradunya sepasang babi hutan di desa ini.

Kedua kelompok ini berbaris berhadap-hadapan dengan dipandu oleh para polisi adat (pecalang). Kemudian, secara bergantian dipilih seorang dari masing-masing kelompok untuk diangkat dan diarak pada posisi paling depan barisan. Kedua kelompok ini kemudian saling beradu dan kedua muda-mudi yang diposisikan paling depan harus saling berpelukan satu sama lain. Saat keduanya saling berpelukan, masing-masing kelompok akan menarik kedua rekannya tersebut hingga terlepas satu sama lain. Jika kedua muda-mudi ini tidak juga dapat dilepaskan, panitia akan menyiram mereka dengan air hingga basah kuyup.

Peserta Basah Kuyup @Balinatha.com

Ketika pasangan muda-mudi saling bertemu dan berpelukan erat, ada kalanya mereka akan saling beradu pipi, kening, dan bahkan bibir. Masyarakat awam dari luar banyak yang menyalahartikan hal ini sebagai saling berciuman. Ritual omed-omedan pun secara salah kaprah mendapat sebutan ritual ciuman massal dari Desa Sesetan.
 Berikut adalah video Omed-Omedan yang bisa kami share :



Silahkan Berkomentar dengan Sopan !

Emoticon