Breaking News
Join This Site
Menguak Misteri Taman Ujung Bali

Menguak Misteri Taman Ujung Bali

Baca Juga


Taman Ujung - Karangasem @Balinatha.com
Taman Ujung atau Taman Sukasada berlokasi di desa Tumbu, Karangasem, Bali. Taman ini terletak sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Amlapura. Keindahan tempat wisata Taman Soekasada Ujung Karangasem Bali langsung terasa saat anda tiba di lokasi tersebut. Sebuah taman yang dengan beberapa bangunan di tengah sebuah danau terhampar dengan indah dan juga unik. Daya tarik taman wisata iuni terutama pada arsitektur bangunannya yang sangat khas Bali kuno dengan sentuhan gaya Eropa klasik.

Sejarah Taman Ujung

Taman Ujung Karangasem dibangun oleh raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik, yang bergelar Anak Agung Agung Anglurah Ketut Karangasem. Taman Ujung Soekasada dibangun pada tahun 1901 dengan nama Kolam Dirah, artinya kolam tempat pembuangan, bagi orang yang menguasai ilmu hitam.
Taman Ujung 1935 @Balinatha.com
Kemudian pada tahun 1909, raja Karangasem memerintahkan seorang arsitektur Belanda bernama Van Den Hentz dan arsitektur orang Tiongkok bernama Loto Ang, untuk mengembangkan kolam Dirah menjadi tempat peristirahatan Raja Karangasem. Pembangunan Taman Ujung ini juga melibatkan Undagi (Arsitek Bali) .

Taman Ujung selesai dibangun pada tahun 1921 dan pada tahun 1937 Taman ujung karangasem diresmikan dalam sebuah Prasasti yang berbahan Marmer yang ditulisi naskah dalam aksara latin dan bali.

Kemegahan Taman Ujung, sempat rusak akibat meletusnya Gunung Agung tahun 1963, dan kemudian diperparah dengan gempa bumi di tahun 1979. Namun penyelamatan dan revitalisasi telah membawa Taman Ujung kembali ke masa kejayaannya. Oleh pemerintah, Taman Ujung telah diumumkan sebagai object wisata budaya. Mengingat istana air ini merupakan salah satu warisan budaya di kabupaten karangasem.

Misteri - Misteri Taman Ujung

Di Taman Ujung ada sebuah kolam yang bernama Kolam Dirah ,kolam ini letaknya di sudut tenggara dari areal taman. Nama Dirah diambil dari Ratu di sebuah kerajaan di pulau jawa yang bernama Rangda Girah yang terkenal sangat sakti dan menguasai ilmu magic.

Ujung Kolam Dirah @Balinatha.com
Realita yang berkembang masyarakat bahwa tidak sembarang orang berani mandi dan berenang disana karena kolam tersebut telah banyak memakan nyawa. Konon katanya pada masa kerajaan dahulu kalau ada orang yang dituduh bisa ngeleak maka Raja akan memerintahkan untuk mengukum orang tersebut dengan tinggal di pinggir kolam dirah semalam.

Seandainya orang tersebut besok paginya meninggal maka memang betul orang tersebut bisa ngeleak tetapi jika orang tersebut masih hidup maka apa yang dituduhkan orang kepadanya memang tidak benar.



Silahkan Berkomentar dengan Sopan !

Emoticon